Home » Hepatitis B » Hepatitis B (II)

Hepatitis B (II)

Blog Stats

  • 32,345 hits

Tulisan ini adalah yang kedua tentang Hepatitis B

 

Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang Liver atau Hepar atau Hati.

Penyebab penyakit ini adalah Virus Hepatitis B.

 

Berikut rangkaian fakta tentang Hepatitis B dalam poin-poin

  1. Hepatitis B diketahui dari pemeriksaan darah yakni kadar HBsAg dalam darah.
  2. Jika HBsAg hasilnya positif, maka kita positif menderita Hepatitis B, jika Negatif maka kita tidak terkena Hepatitis B
  3. Hepatitis B berbeda dengan Hepatitis A.
  4. Hepatitis A umumnya kita kenal dengan penyakit kuning.
  5. Hepatitis B sejauh yang saya alami tidak menyebabkan kulit dan mata berwarna kuning.
  6. Hepatitis A bersifat akut, jadi dia datang tiba-tiba, yang terserang menderita, jika berhasil selamat, maka dalam sebulan atau dua bulan kemudian sembuh.
  7. Sejauh yang saya ketahui, setelah orang sembuh dari Hepatitis A, maka ia akan membentuk kekebalan tubuh alami, dan tidak akan terkena Hepatitis A lagi.
  8. Hepatitis B umumnya menahun atau kronis. Dalam arti ia akan tinggal di badan si sakit /sang inang sampai jangka waktu yang lama. Dalam periode lama ini, jika kondisi badan sang inang kuat, maka virus Hepatitis B akan tinggal di hati tidak aktif. Namun jika kondisi badan sang inang lemah, maka ia akan menyerang lever sang inang sehingga gejala sakit akan terasa.
  9. Liver atau hati berfungsi untuk mencerna lemak, mengubah glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya (penghasil energi dan penyimpan energi), penghasil kolesterol, serta menetralisir racun.
  10. Ketika mendapat serangan virus, maka fungsi-fungsi pada poin di atas tidak dapat dilaksanakan oleh hati, oleh karena itu badan terasa lemas, tidak dapat berfikir/konsentrasi, wajah pucat.
  11. Ketika pertama kali kita terdiagnosa kena hepatitis B pasti kita akan shock.
  12. Reaksi yang terbaik adalah : rileks, tenang, dan ikhlas. Sakit atau tidak sakit, sekarang atau nanti, toh kita semua akan berpulang kepadaNya.
  13. Segera istirahat, kurangi gerakan, bekerja, berjalan, atau aktifitas fisik yang memerlukan banyak tenaga. Ingat bahwa pabrik tenaga kita sedang terganggu.
  14. Perbanyak minum.
  15. Tambahkan gula merah/madu/kurma pada menu kita. Ini sumber tenaga cepat yang kita perlukan untuk recovery.
  16. Jangan pula menambahkan gula secara berlebihan dan seketika, prinsipnya adalah : penambahan gula secara sedikit demi sedikit.
  17. Gula alami yang terdapat pada buah-buahan baik. Dengan kata lain, konsumsi pisang, pepaya, melon, semangka, dsb secara rutin dan cukup.
  18. Istirahat dan tidur yang cukup. Ini sangat penting untuk recovery cepat. Saya terkena serangan pada idul fitri 2017, pada hari ke 5 setelah serangan, setelah tidur yang enak beberapa hari, kondisi semakin baik.
  19. Alkohol adalah zat yang paling merusak hati. Dalam kondisi sehat atau terkena serangan, jauhi alkohol, termasuk makanan yang berbau alkohol. seperti durian, tape singkong, tape ketan.

Ketika masa serangan datang, kita bisa mengkonsumsi kunyit dan temulawak sedikit demi sedikit. Prinsipnya adalah jangan terlalu mendadak.

 

Oke ini dulu.


Leave a comment

History

June 2017
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930